Jumat, 17 April 2009

Mulai Belajar Akuntansi

Yeah, apapun yang terjadi semangat belajar harus jalan terus. Optimis bahwa pintu akan dibuka lebar-lebar, kebathilan akan tumbang, dan keadilan akan tegak. Akuntansi merupakan bagian dari ilmu sains. Tapi koq dimasukkan ke dalam ilmu sosial. Lulusan DIV akuntansi kan gelarnya S.ST artinya sst... jangan bilang-bilang ga ding artinya Sarjana Sains Terapan. Ga masalah apa itu ilmu eksak dan sosial. Meskipun diantara keduanya ada perbedaan yang mendasar, tetap saja yang penting toh bermanfaat.

Oke,banyak orang mengatakan bahwa Akuntansi itu sulit. Dulu aku berpikiran begitu, dan sekarang tetap berpikiran begitu ha7. Ga masalah, sesulit apapun tetap saja akan mudah, insyaAllah. Sebenarnya ga susah-susah amat jika kita mau memahami konsep dasar akuntansi itu sendiri. Sebagaimana kita ketahui simbahnya konsep akuntansi adalah aktiva=utang+modal. Hayati saja rumus itu. Semua konsep akuntansi sebenarnya berasal dari sana koq. Misalnya, Pak Joko mendirikan Perusahaan Dagang "Untung Terus" dengan modal awal 10 Juta kemudian Pak Joko juga pinjam 5 Juta ke Bank "Anti Riba". Jadi sekarang Pak Joko punya aktiva sebesar 15 Juta (10+5Juta).

Trus Pak Joko beli barang dagangan sebanyak 2 Juta maka jurnalnya adalah Debit Barang Dangan 2 Juta dan Kredit pada Kas 2 Juta. Semua transaksi itu hanya memengaruhi aktiva. Akuntansi ya, gitu-gitu aja. Hal yang paling penting adalah bagaimana kita bisa teliti sehingga lajur kanan dan kiri (aktiva dan passiva)-passiva adalah hutang+modal)bisa seimbang. Sama halnya matematika yang berasal dari pipolondo (ping, poro, lan, sudo) atau terjemahannya kali, bagi, tambah, dan kurang. Begitulah cinta, eh begitulah akuntansi. Ilmu pasti yang ga pasti-pasti amat karena harus menggunakan standar yang ditetapkan dan diketahui bersama.

Manfaat akuntansi adalah menghasilkan laporan keuangan yang dapat menggambarkan kondisi keuangan entitas (perusahaan/badan/perorangan). Begitulah coy, akuntansi bisa menjadi mudah koq (semoga, amien). Satu prinsip yang harus dipegang, kejujuran. Selamat belajar, semoga sukses:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar