Senin, 27 April 2009

Tips tentang Belajar Efektif

Banyak cerita mengenai cara belajar yang efektif. Beberapa minggu yang lalu ada dua orang teman mampir ke kantor. Mereka adalah pegawai yang sedang menjalankan, lebih tepatnya menikmati tugas belajar di DIII Kurikulum Khusus STAN. Tiba-tiba mereka tanya ke aku, "Mas, bagaimana caranya agar belajar jadi efektif?" Ditanya seperti itu aku jadi malu sendiri. Meskipun banyak pengetahuan tentang cara belajar dari penjuru bumi. Hasil prestasiku tidak sehebat yang lain. Biasa, hanya sedikit yang dipraktikkan.

Meski Demikian share aja sedikit mengenai bagaimana cara belajar yang efektif tersebut:
1. Sebelum kuliah, usahakan baca dulu materi yang kira-kira akan disampaikan sehingga nanti lebih siap dan enjoy ketika kuliah.
2. Belajar habis shubuh jauh lebih efektif daripada belajar malam-malam apalagi wayangan. Mahasiswa sekarang rupanya jago mendalang. Hebat, mewarisi budaya nusantara.
3. Meski demikian belajar di tengah malam dengan tidur dahulu adalah salah satu rahasia temen SMAku yang jadi juara pararel dan juara dalam perolehan NEM tertinggi.
4. Ulangi pelajaran ketika sampai di rumah/kosan karena meski hanya 15-30 menit, itu cukup untuk menghadapi ulangan/quiz dadakan dari guru ato dosen. Repetitive magic power, gitu kata buku motivasi.
5. Biasakanlah berdiskusi karena akan membuka wawasan baru atau ide baru yang tidak kita bayangkan sebelumnya. Tentu saja isi diskusi tersebut haruslah bermanfaat.
6. Malu bertanya sesat di jalan. Sesat lebih berbahaya daripada salah tapi pelakunya mengetahuinya. Bertanyalah kepada yang ahli.
7. Ingat, tujuan belajar bukan untuk meraih IPK 4 koma atau nili sekian. Karena ukuran keberhasilan seseorang dalam belajar adalah implementasinya dalam kehidupan.

Demikian uraian saya bila ada kurangny, saya mohon maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar